Minggu, 14 September 2008

Profil IMM


PROFIL

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Koordinator Komisariat (KORKOM)

Universitas Hasanuddin

Kota Makassar

Muhammadiyah Student Association


Sekretariat:

Pusat Dakwah Muhamadiyah (PUSDAM)

Jl. Perintis Kemerdekaan No. 38 Km 10

Makassar Tlp (0411) 586018/085255085381

Email : imm_uh@yahoo.co.id


Motto:


Tertib Ibadah, Sukses Study, Unggul Organisasi, dan

Anggun Moralitas


Sekilas Tentang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) adalah salah satu eksponen gerakan mahasiswa Islam yang menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai landasan gerakannya. Sebagai gerakan Islam IMM memandang bahwa Al-Islam ini adalah sebuah risalah yang harus disampaikan kepada seluruh ummat Islam dan tanggung jawab setiap insan yang mengklaim dirinya sebagai hamba Allah yang juga menyandang atribut khalifah (wakil Allah) di muka bumi ini. Refleksi atas risalah ini menjadi spirit bagi IMM untuk hadir melakukan proses pencerahan di tengah mahasiswa yang menjadi objek dan sasaran dakwahnya.

Selanjutnya tugas kerisalahan tersebut harus dipraksiskan dalam bentuk dan program yang sistematis dan suitstanable (sesuai dengan konteks zamannya). Tantangan globalisasi dan benturan ideologi menuntut sebuah transformasi gerakan Islam yang tetap berpegang pada teks suci yang pahami secara kritis. Sebagai organisasi Islam, IMM berikhtiar melahirkan kader-kader yang sadar akan tanggung jawabnya sebagai hamba dan khalifah. Dengan potensi fitrawi IMM mengajak setiap generasi Islam mengambil peran dan partisipasi dalam pengembangan kompetensi intelektual, humanitas dan spiritual.


Sejarah Kelahiran IMM

Kelahiran IMM tidak lepas dari tuntutan kebangsaan, tuntutan ideologis serta kebutuhan persyarikatan Muhammadiyah. Hal tersebut menjadikan kehadirannya sebagai sebuah keharusan sejarah (A Historical Nessecity) bagi perjalanan bangsa, ummat dan persyarikatan. Disatu sisi kondisi kebangsaan yang masih terkungung oleh hemegoni kaum penjajah, yang sangat bertentangan dengan prikemanusiaan dan prikeadilan. Di sisi lain kondisi internak dunia kemahasiswaan dan gerakan mahasiswa terjebak pada pragmatisme yang mengakibatkan terpolarisasinya gerakan mahasiswa, hal tersebut dapat berakibat lemahnya perjuangan bangsa. Belum lagi praktek-praktek kehidupan keberagaman yang jauh dari nilai-nilai intelektual dan menyimpang dari ajaran Islam. Kondisi inilah yang menghendaki lahirnya Ikatan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang diharapkan mampu melahirkan kader-kader yang kritis, visioner dan transformatif.

Selain itu IMM juga tidak lepas dari keberadaan Muhammadiyah sebagai organisasi induknya. Untuk melanjutkan gerakan pembaharuan Muhammadiyah dibutuhkan generasi yang kapabel, handal dan berkompeten dengan bingkai Akhlakul karimah sebagai pelopor, pelangsung dan penerus cita-cita dan amal usaha Muhammadiyah.

Dengan dasar tersebut di atas, 40 tahun yang silam tepatnya pada tanggal 29 Syawal 1384 H/14 Maret 1964 M, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dideklarasikan sebagai organisasi Islam yang menekankan gerakannya pada tiga dimensi gerakan yang dikenal dengan Trilogi Gerakan IMM yakni gerakan keagamaaan, gerakan kemahasiswaan, gerakan kemasyarakatan. Beberapa pendiri IMM yaitu: Yahya Muhaimin, Rosyad Shaleh, Djasman Al Kindi, Sudibyo Markus dan M. Amin Rais.


Identitas Gerakan IMM.

IMM hadir sebagai organisaasi kader, IMM diharapkan mampu melakukan pengembangan kompetensi Intelektual, humanitas dan spiritual para kadernya yang pada gilirannya mampu menggerakkan seluruh elemen masyarakat yang peduli akan kejayaan Ummat Islam dan Bangsa Indonesia. IMM juga adalah organisasi dakwah yang berarti setiap program yang dilakukan senantiasa dalam bingkai Amar Ma’ruf Nahi Mungkar untuk mewujudkan Rahmatal Lil Alamin. Sebagai Bagian Muhammadiyah, IMM adalah bagian dari mata rantai perjuangan Bangsa Indonesia


Ideologi Gerakan IMM

Sebagai Gerakan mahasiswa Islam, IMM memandang Islam sebagai landasan dan semangat perjuangan demi tegaknya nilai keadilan dan kemanusiaan, serta pedoman dalam setiap aktivitasnya demi terwujudnya cita masyarakat Islam ideal.


Visi dan Misi IMM

Visi IMM adalah terciptanya sebuah kondisi tatanan masyarakat kampus yang Ilmiah-Ilahiah dengan amal yang ilmiah dan ilmu yang amaliah.

Misi IMM melakukan pencerahan terhadap mahasiswa dan melakukan upaya pembinaan terpadu terhadap potensi fitrawi Manusia yakni intelektual, humanitas dan spiritual.


Tujuan IMM

Tujuan IMM sesuai dengan Anggaran Dasar adalah mengupayakan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlaq Mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah (terciptanya Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya).


Keanggotaan

IMM terbuka bagi siapa saja (mahasiswa) yang hendak bergabung dan sepakat dengan tujuannya. Dengan prinsip bahwa persaudaraan di IMM dilandasi oleh ikatan Aqidah Islam. Setiap mahasiswa dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan IMM dan untuk menjadi anggota IMM secara formal setiap mahasiswa harus melewati jenjang perkaderan formal yang dikenal dengan DARUL ARQAM, yang berjenjang mulai dari tingkat Dasar (DAD), Menengah (DAM) dan tingkat utama/Paripurna (DAP).

Beberapa perkaderan non formal lainnya adalah pelatihan instruktur, pelatihan advokasi, manajemen life skill, dan seminar-seminar Muslimah/keIMMawatian.


Billahi Fii Sabililhaq, Fastabiqul Khaerat

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Created by IMM UNHAS Makassar

0 komentar: